Serunya Bikin Video Cooking di Modena Bersama Kokiku TV

By Farichatuljannah - 11:40 AM



Wuaaa! Seru banget kan….. Video di atas aku buat karena aku telah mengikuti rangkaian acara kece Cooking and Video Blogging Workshop #BelanjaKebaikan di Modena Experience Center with Kokiku TV. Video diatas aku rekam menggunakan smartphone Xiomi, editingnya aku pindah ke imovie iphone dan voice overnya juga langsung dari smartphone iphone menggunakan imovie.

Yups dari awal aku memang sudah tertarik banget pengen ikutan acara kece ini. Tapi kuota undangan sudah penuh. Sampai pada hari H ada teman yang cancel cancel namaku jadi naik deh dan aku berkesempatan ikutan Cooking and Video Blogging Workshop!

Senangnya tak terkira. Secara, aku pribadi suka sekali dan sering membuat Video Blogging bareng suami aku koleksi video aku bisa di lihat di sini ya. Tapi kalau video blogging yang masak belum banyak.  Makanya aku pengen banget bisa membuat video cooking al-ala TV gitu.


Lalu siang itu aku berangkat meski sempat basah kuyup kehujanan tapi begitu masuk MODENA waow!!! Ini tempat surganya perempuan banget. Desain-desain dapur dengan berbagai aksesori dan alat-alat dapur yang impian perempuan banget membuat aku terpesona.

Ada alat-alat masak modern seperti kompor, oven, pemanggang trus ada pula semacam cerobong asap gitu yang biar asapnya nyerap ke atas itu. Berbagai macam keran, dan wastafel yang empat cuci piring itu.

Ada pula berbagai macam almari pendingin seperti Refrigerator, Wine Cellar, Water Dispanser, Freezer,  Showcase Cooler. Gak Cuma itu tapi juga ada Washing Machine and dryer, Dishwasher, Water heater,  vacum cleaner dan Air purifier. Lengkap banget.

Dan semmmmmua impian perempuan diatas yang ada di Modena Experience Center ini bisa kita beli di blibli.com. Yuyuyuyuyu mari nabung demi dapur impian hiaaa..


Yak yak yak. Sekarang belajar bikin video blogging . Beruntung sekali yah bisa belajar langsung dari para pakar video cooking KOKIKU TV. Ada Arnold dan Tama. Yups kenapa  harus diajarin sih video cooking, nulis resep aja nggak cukup apa di blog??

Eits! Hari gene gaes udah 4G eranya video. Meskipun tulisan masih sangat penting tapi orang kini lebih tertarik dengan gambar bergerak, video. So mau tidak mau kita sebagai blogger harus bisa mengikuti perkembangan. Paling tidak tau, syukur-syukur bisa.

Yui.. ternyata bikin video cooking itu seru banget loh, susah-susah gampang, aku sudah buktiin. Ilmu yang di share kedua pakar dari Kokiku Tv
Arnold dan Tama sangat membantu dan bermanfaat. Jadi gini gaes kalau mau bikin video cooking.

Alat Video Cooking
Aku sendiri punya prinsip memaksimalkan yang kita miliki dan ternyata sekata pula dengan dua narasumber dari kokiku tv ini.  Ada banyak alat yang bisa kita gunakan untuk membuat atau merekam video. Seperti kamera smartphone, kamera digital dan kamera DSLR.

Smartphone sekarang rata-rata kualitasnya sudah bagus. Tinggal bagaimana saja kita memaksimalkan yang ada. Bahkan vide-video yang aku buat dengan suamiku juga hanya meggunakan smartphone.

Yang penting adalah kreatfitas. Bagaimana merekam gambar agar bisa enak dilihat mata. Bagaimana merekam gambar makanan agar terlihat menggoda.

Software Editing
Nah, ini dia nih yang kadang menjadi alasan banyak orang malas membuat video. Padahal jaman sudah secanggih ini. Banyak sekali software-software editing video yang mudah dan ringan. Baik di smartphone ataupun di laptop.

Nah dua pakar dari Kokiku Tv kasih tau nih beberapa software editing yang bisa dgunakan antara lain Imovie, Kine Master Splice, Final Cut dan Premiere.



Bagi pengguna smartphone iphone ada software editing video yang sangat mudah dan hasilnya bagus. Namanya Imovie. Aku sendiri sudah membuktikannya bahkan untuk membuat dan mengedit video cooking aku.

Dengan imovie aku bisa mengatur gambar, memberikan transisi, memberikan efek gambar sampai VO (voice over) ya menggunakan imovie .




Kalau di android ada aplikasi editing video namanya KINE MASTER. Nah ini aku juga pernah memakai ini.

Saat editing video on the spot acara kece Cooking & Video Blogging Workshop #BelanjaKebaikan di Modena Experience Center with Kokiku TV dadakan aku gunakan KINE Master yang sudah terinstal di smartphoneku yang aku bawa saat itu.

Kine master ini menurut aku fiturnya lebih lengkap dari Imovie. Mulai dari gambar video, memberikan teks di Kine Master juga bisa. Voice Over juga bisa. Untuk pengguna android Kine Master memang software editing paling bagus menurt aku.

Nah kalau di laptop lebih banyak lagi software editing yang bisa digunakan. Namun biasanya kalau sudah editing laptop rada berat aplikasinya dan bisa lebih mendetai lagi.

Channel Ikon




Ini ilmu baru yang aku dapat dari kedua narasumber dari KokiKu TV. Yaitu Channel Ikon dan Channel Art. Yups Ikon dan art channel ini menjadi penting sekali ketika kita ingin menjadi seorang Vlog.

Fungsinya pertama agar orang tau siapa dan apa dia. Seperti saat kita lihat Kokiku TV diatas. Orang akan langsung paham, oh ini channe KokiKu TV. Ada gambar burger, cookies oh berarti video tentang makanan masak-masak.

Ada beberapa sosial media yang dipampang disana ada pula keterangan ada jadwal video baru, supaya penontonnya tau ada apa saja di cahnnel ini. Dengan channel ikon seperti ini kita akan lebih tampak profesional.

Thumbnail Video Menarik
Tips selanjutnya dari para pakar video cooking KokiKuTv adalah mengupload thumbnail video yang menggoda dan menarik orang untuk mengkilknya. Cara membuat foto thumbnail yang bagus bisa memilih photo terbaik dan yan paling bikin ngiler dan penasaran lalu kasih tulisan judul atau apalah.

Editingnya bisa mnggunakan software Phonto. Nah kebetulan di smartphone aku ada nih. Jadi bener kata kedua narasumber dari KokiKu TV. Software ni bagus untuk membuat gambar thumbnail.




Banyak sekali fiturnya mulai dari croping dan lain-lain. Pilihan text font style size tilt yang beragam dan kita bisa mengaturnya bagaimanapun. Software ini benar-benar sangat membantu pastinya untuk membuat thumbnail.

Nah, kalau untuk backsound-baksoun musicnya YouTube sendiri sudah menyediakan free jadi boleh dipakai, atau menggunakan layanan music gratis seperti di bensound.com tapi jangan lupa cantumkan sumbernya.

Bikin Video Populer
Nah supaya video kita banyak yang nonton dan banyak subsribernya, kedua narasumber dari KokikuTV kasih saran nih. Supaya membuat tema playlist. Jadi pengunjung yang datang ke channel kita bisa lihat-lihat nih ada apa aja.


Nah untuk bisa seperti ini juga harus rajin dan konsisten membuat konten. Supaya pelanggan gak kabur dan bisa terus menyaksikan video-video kita.

Lalu tips supaya subcriber nambah banyak caranya kolaborasi dengan orang berpengaruh. Contohnya ni ya KokiKu TV sering ajak artis syuting bareng. kan otomatis banyak yang nonton banyak yang langganan lagi hehehe. Ya kalau kita-kita ajaklah teman kita yang punya subcriber banyak. hehehe

Wowwww! Gak kerasa banyak banget yah ilmu yang aku dapat dari acara Cooking and Video Blogging Workshop #BelanjaKebaikan di Modena Experience Center with Kokiku TV. Pengalaman yang tak terlupakan.

Yuuuk! Bikin Video Cooking :D



  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Wah seru banget sih masak masak bareng 😀 ketemu chef lucky lagi ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangettt bangettt seruuu.. saking serunya udah buka puasa gak terasa hehehe

      Delete
  2. Wah.. asik banget mbk belajar video editing. Jadi pengen belajar juga

    ReplyDelete
  3. Wah.. asik banget mbk belajar video editing. Jadi pengen belajar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah seru... udah diajarin caranya langsung praktek pula dengan berbagai alat masak dr modena huhuhu rasanya gak pengen balik kwkwkwk

      Delete
  4. Wah keren vlognya mbak, gambarnya kece, eeeh pake smartphone ya??
    Eeehhh jadi pengen ke Modena belanja buat ngasih kado Mamah yang mau ultah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tia pake smartphone doank... kamu pasti bisaaaa.... byuh modena syrgaaaa bangetttt hehehw

      Delete
  5. Saya juga pengen mbak ikutan tapi saya minder nih soalnya belum terlalu mahir dalam hal memasak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapi kmrn ada loh yg cowok heheheh

      Delete
    2. Tapi dia kan jago mungkin mbak masaknya jadi berani datang.

      Delete
  6. wah seru banget mba, pengen sih bikin juga video2 gitu...tapi jarang masaknya euy hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa aku juga suka masak suka bikin video tapi alat alat masak dan makan yg cakep cakep gitu gak punya hihihi pengn bgt punya dapur modena amiin

      Delete

Silakan komentar